Langsung ke konten utama

Mungkin Hanya Perasaan

udah lama gak ngeblog..
malam ini gue habis belajar kaidah-kaidah dan etika kejurnalistikan yang kata dosen gue minggu kemarin bakal ada kuis untuk senin besok. sambil ditemenin snack, susu, yang gue beli jumat kemarin buat persiapan gue kalo laper mulai merajalela, terus makan duku yang di kasih sama doi gue kemarin sore, yang akhirnya apa yang gue makan seimbang antara junk food dan buah-buahan hehe.. gatau bener atau ga pola makan gue, yang pastinya gue bisa konsentrasi buat belajar walaupun ga konsen-konsen abis sih.

sumpah, gue itu orang yang paling males buat ngapa-ngapain, apalagi kalo itu dipaksa. kan ga enak lagi santai tiba-tiba kaget dipaksa ini itu. dari dulu, gue paling males buat beresin rumah, apalagi beresin kamar, alhasil kamar yang nyokap gue beresin berantakan lagi akibat ketidakrapian gue dalam mengolah ruangan-_-. tapi, ketika gue lagi semangat-semangatnya buat bersihin dan gue rapiin segala macem yang gue lihat, termasuk belajar huhuuu.. gue males belajar tapi pengen pinter, itu keinginan yang paling norak dikalangan orang-orang pinter menurut gue.

namun, semenjak gue kuliah gue jadi sadar kewajiban gue sebagai seorang mahasiswi yang kuliahan, yang udah diberikan kesempatan buat nimba ilmu sm Allah yang akhirnya membuat gue harus belajar lebih mandiri dalam mengolah segala apapun. gue yang dulunya amatlah boros mulai memanage keuangan gue, gue udah punya tabungan. gue yang dulu sering mikir ketika beli sesuatu "ah beli aja, kan uang bisa dicari lagi" akhirnya berubah menjadi "sayang uangnya, mending dibeliin sama yang lebih bermanfaat dan sesuai kebutuhan". pola pikir gue tentang uang yang bisa dicari lagi itu ternyata konsep pemikiran orang yang boros dan parahnya gue gak mikir kalo orangtua gue tahan banting cariin uang kuliah buat biaya, jajan, dan kebutuhan gue selama kuliah. gue gak mikir orangtua gue makan apa di rumah kalo di sini gue terus-terusan makan steak/sate padang? jangan-jangan cuma makan nasi pake tempe+sambel, bayangin guys betapa sedihnya gue. gue gak mikir betapa susahnya perekonomian yang saat ini sedang sulit. maksud gue, globalisasi yang terus maju membuat segala harga jadi naik. kalo zaman gue SD dulu uang 1000 bisa dapet, es gabus, tekwan, kemplang, dan es lilin. sekarang, 50.000 mungkin cuma dapet shampo+1 snack. ibaratnya, 50.000 itu cuma bisa buat satu malem. nah, akhirnya gue jadi mikir tu kalo gue terus-terusan gini gue dapet apa, gue maju dalam bidang apa selama usia 18+ ini? pokoknya gue harus berubah! karena niat dan kemauan yang keras gue pun perlahan mulai berubah. gue jadi bisa beli apa yang gue butuhkan karena punya tabungan. satu hal, menabung adalah hal yang paling menyenangkan, hemat adalah perubahan yang mengesankan guys haha akhirnya gue bisa jd orang yang lebih sabar dari gue yang dulu.

gue dulu gak hijab. jujur, pas SMP gue pernah pake hijab tapi akhirnya gue lepas lagi karena gue pakenya ga karena niat, cuma pengen tampil aja. pada saat itu banyak banget yang ngejudge gue termasuk guru-guru gue. gue sedih, guru yang gue anggap adalah orang yang menginspirasi dan mengedukasi malah ikut ngejudge gue. apa mereka ga tau kalo gue itu cuma anak SMP yang labil? yang belum ngerti gimana mengendalikan emosi? lebih detailnya lagi, apa mereka ga tau kalo gue ini masih anak di bawah umur?-_- tapi, gue sekarang udah memantapkan buat berhijab. atas niat dan rasa tanggung jawab gue untuk menunjukkan identitas gue sebagai umat muslim. karena sekarang gue adalah mahasiswi semester 2. gue sadar kalo gue udah ngelakuin banyak hal dulu. dulu, gue udah ngurai-ngurai rambut, udah pernah ngelakuin hal sesuai keinginan gue. beli minyak rambut, conditioner, hair mask, dll supaya rambut gue terawat dan ga kusam pas kena angin. gue sadar lagi Allah udah baik sama gue, udah dikasih kesempatan buat nuntut ilmu di Universitas yang orangtua gue idam-idamkan dari dulu. akhirnya gue fix buat hijab karena banyak orang-orang di sekitar gue yang ngedukung buat berubah. orang tua, temen-temen, doi, dan video-video youtube seorang muslimah yang sering gue tonton ckckck. dulu itu gue orangnya keras banget, gue ga suka di paksa apalagi yang maksa dengan cara yang gak sopan, misalnya nyindir, nyinyir, ngejudge. gue lebih seneng diperingati dengan cara yang halus, itulah kenapa gue malu kalo ada orang yang ngingetin gue dengan cara yang gue suka, seolah-olah dia itu amat menyayangi gue. faktor gue awal kuliah belom mau pake hijab karena ada orang yang nyinyirin gue sama temen gue untuk hijab dengan cara yang menurut gue kurang pantes untuk segera gue laksanakan, misalnya nyindir pas lg ngobrol, ngesnap video tentang orang yang gak hijab. gue jadi terganggu mau ngapa-ngapain deket dia, risih, sebel, jengkel, akhirnya pelan-pelan gue agak ngejauh karena gue juga sendiri sadar dia bukan orang yang pantes untuk dijadikan orang dekat. akhirnya, gue nemu temen-temen yang ngingetin gue dengan cara yang halus banget, dia bilang "aku yakin doa orangtua kamu gak akan sia-sia, kamu pasti bisa berubah. pelan-pelan gakpapa. berubah itu butuh proses" di tambah ayah gue yang ngebet banget mintak hijab, karena gue sayang sm orangtua gue dan gak mau jadi tanggungan dosa mereka di akhirat akhirnya gue membuat keputusan terbesar dalam hidup ini. Walau gue sadar belum bisa jadi muslimah yg hijab dengan baik. Jilbab gue belum panjang2 banget,  kelakuan gue masih kelakuan bocah yang harus terus memperbaiki diri. yups, gue seorang muslim karena identitas gue, hijab gue:)

satu hal, gue gak akan pernah maksa orang lain untuk cepet berubah. semua orang butuh proses. yang harus gue lakukan adalah berdoa semoga temen-temen gue yang lain cepet nyusul, aamiin.

gue yang dulunya males akhirnya semangat buat beresin kamar kost sendiri dan ngapa-ngapain sendiri. pas gue kuliah, gue gaktau kenapa gue jadi orang yang cenderung agak introvert. padahal, gue itu adalah orang yang ekstrovert. gue jadi ngebatesin buat interact ke orang lain, gue yang awalnya klop sama satu orang dan tiba-tiba ngerasa gak sejalan sama gue akhirnya tetap gue batasin. misalnya dalam hal curhat, karena sekarang gue harus lebih bisa mengenal karakter seseorang, mungkin faktor U yang udah gede kali ya... dulu, gue ngebet banget pengen tidur di rumah temen, tapi ayah gue dengan keras ngelarang gue. padahal kadang gue harus tidur di rumah orang karena ada suatu hal penting yang akan dikerjakan, misalnya besok pagi ada job nari, tapi tetep aja gak boleh. yah akhirnya gue nurut. dan semua ini berefek ketika gue kuliah, gue jadi betah sendiri di kost, gue males tidur-tiduran di kost temen. kecuali kalo dia mau nginep ke kostan gue sih ya gak masalah, tapi tetep tau aturan ya sob ckck, piring udah makan bantuin gue nyuci, tempat tidur kalo berantakan rapiin lagi, karena gue makin kesini makin risih kalo kostan gue berantakan-_- ternyata, ada benernya juga apa yang diajarkan oleh orangtua gue, senyaman-nyamannya tempat tinggal orang itu lebih asik tempat tinggal sendiri^-^
dan, jadi pas gue tau kenapa gue berubah jadi introvert gue nangis, gue bingung kenapa gue gak bisa melakukan interaksi seperti yang sering gue lakukan. rasanya, diri gue mau berontak tapi gak bisa. seiring berjalannya waktu, gue niat gue harus berubah ke asal mula gue, gue gak mau gak punya temen, gue gak mau di cap sebagai orang yang apatis. sekarang kondisinya mulai stabil, gue udah bisa berinteraksi kembali. tapi, gue tetep lebih seneng ngapa-ngapain sendiri, atau berdua sama temen, doi dan orang terdekat, kaya klop aja gitu.
 masih banyak perubahan-perubahan yang gue rasain, dan rasanya gak mungkin gue tulis semua di sini. makasih udah mau baca ya^-^

udah yah. capek, ngantuk, pegal, mau tidur. besok mau kuliah, ada kuis. kapan-kapan gue cerita lagi. dadaahhh......

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SAYA PERNAH LOH, MENGENAL KAMU :)

Sebagai seorang maba, diriku cukup lugu untuk mengenal banyak hal. Pasalnya, banyak orang baru disini. Hehe.. teman-temanku sudah jauh, memilih pada jalan yang berbeda! Pernah ingin punya mimpi berjalan bersama, namun pada akhirnya takdir bersua membuat kami berpisah. Tapi bagiku, itu bukan persoalan yang besar untuk dipermasalahkan. Disini, aku punya teman baru, suasana baru, dan kamu :)  Waktu itu, kita pernah bertemu di rumah makan ayam bakar di kota hangat ini. Kamu, pasti tidak ingat? Ya, itu pasti. Jangan beralaskan bahwa ingatan wanita lebih tajam dari pria hehe.. Kamu, dengan alis tebal yang terbentuk rapi, dan aku dengan rambut ikalku. Kita pernah berkenalan lewat tatap. Sebuah senyum terlontar satu sama lain yang hingga hari ini masih terus mengambang. Satu kali pertemuan kita sama dengan berjuta tahun bersama, HAHA agak lebay memang. Tapi, begitulah sosok ini ketika mengingat satu hal.  Untungnya aku tetap mengingatmu hingga hari ini, sebagai sosok pria yang pertama kal

Hah... Mind Blowing "Pasca Wisudah"

     Kali pertama ngeblog lagi dan alhamdulillah aku bersyukur banget saat nulis ini udah wisudah sekarang.. yasshh bener-bener baru sadar terakhir ngeblog itu pas tahun 2020. Ada banyak alasan yang aku selipkan kenapa tbtb berhenti ngeblog satu tahunan. Tapi, alasan yang paling relevan adalah aku "males" he he..       Ada banyak hal yang ingin aku sampaikan pada tulisan kali ini, akan menjadi tulisan random yang ntah beberapa part atau satu tulisan full tanpa jeda. So, let me try to elaborate..   " Pada sebagian waktu, aku sangat menikmati proses dari perjalanan hidupku. Merasakan ketenangan, aku tersenyum.. lebih-lebih tertawa bebas. Tapi, di dunia ini -all that is not eternal-". amm      Sebagian pendapat orang yang bilang dunia pasca wisudah itu tidak semenyenangkan yang dikira adalah benar. Oke, aku mencoba memahami diriku bahwa bukan orang yang sepenuhnya punya ketakutan penuh terhadap polemik yang terjadi dilingkungan masyarakat. Contoh, ketakutan ketika bel

Random Tengah Malem ckckck...

Kalo malem gini suka kebiasaan belum tidur, ngidam pengen ngenet ckck. Akhirnya gue memutuskan untuk ngeblog sambil dengerin bunyi kipas tua yang kata nenek gue adalah kado ulang tahun pernikahan ayah sama bunda.  Sebenernya gue cuma mau cerita tentang hal yang terjadi pada diri gue, permasalahan tentang saling maaf-memaafkan. Gue adalah orang yang paling sebel sama kelakuan orang ntah itu yang terdekat sampe yang belum terlalu gue kenal. Misalnya, ketika di kamar, siapapun itu orangnya, gak buang sampah sehabis dia makan ke kotak sampah yang jelas-jelas udah gue sediain di kamar gue, mau ngomong "buangnya langsung ke kotak sampah yah!" takut dia tersinggung. Jelas-jelas gue gak terlalu paham dengan detail sifat temen-temen gue, ntah dia tersinggung atau ngatain sok dan bersikap pura-pura gak tau. Atau, sifat temen gue yang sukanya nyindir dan nyinyir tingkah orang lain tapi gak sadar sama tingkah laku dia sendiri, yang ini seolah-olah dia itu takut untuk n