Langsung ke konten utama

Hah... Mind Blowing "Pasca Wisudah"

    Kali pertama ngeblog lagi dan alhamdulillah aku bersyukur banget saat nulis ini udah wisudah sekarang.. yasshh bener-bener baru sadar terakhir ngeblog itu pas tahun 2020. Ada banyak alasan yang aku selipkan kenapa tbtb berhenti ngeblog satu tahunan. Tapi, alasan yang paling relevan adalah aku "males" he he.. 

    Ada banyak hal yang ingin aku sampaikan pada tulisan kali ini, akan menjadi tulisan random yang ntah beberapa part atau satu tulisan full tanpa jeda. So, let me try to elaborate.. 

 "Pada sebagian waktu, aku sangat menikmati proses dari perjalanan hidupku. Merasakan ketenangan, aku tersenyum.. lebih-lebih tertawa bebas. Tapi, di dunia ini -all that is not eternal-". amm

    Sebagian pendapat orang yang bilang dunia pasca wisudah itu tidak semenyenangkan yang dikira adalah benar. Oke, aku mencoba memahami diriku bahwa bukan orang yang sepenuhnya punya ketakutan penuh terhadap polemik yang terjadi dilingkungan masyarakat. Contoh, ketakutan ketika belum juga mendapatkan pekerjaan. BIG NO! ketidak-takutanku ini sebenarnya dipengaruhi terhadap lingkungan yang ga menuntut banyak hal kepada diriku. Aku bersyukur banget punya orangtua yang tidak menuntut anaknya untuk cepat-cepat cari pekerjaan, atau teman-teman kampus yang sampai hari ini juga belum ketemukan meng-klaim kepada alumni lain bahwa, -"cepat" cari kerja itu penting-. Paham kan maksudku?

    Satu hal, karakter yang kusadari setelah aku lulus adalah aku jadi suka ngobrol. Karakter itu terbentuk dari lingkungan semasa kuliah. (yashh, lagi-lagi lingkungan. makin sadar kan kalo lingkungan itu membentuk karakter kita he he) semasa kuliah, alhamdulillah aku bersyukur banget Allah kasih aku lingkungan yang positif.. rata-rata di kampus, teman2 ku adalah organisator, pecinta buku, wirausaha dan aku ketularan produktivas tersebut HAHA, yah walaupun ga produktif2 banget. 

    Tentu banyak agenda dalam setiap organisasi yang kami ikuti, dalam setiap agenda dibutuhkannya diskusi untuk mencapai kesepakatan dalam kesuksesan agenda tersebut. Kadang, sembari menunggu diskusi agenda dimulai biasanya kami tu suka ngobrol apalagi yang ngajakin ngobrol adalah kating-kating di kampus, behhh berfaedah sekali netizen WKWK. Nah, coba sadari deh, semakin sering kamu berinteraksi dengan lingkungan yang ada disekitarmu, semakin kuat juga pengaruh yang dihasilkan. Contoh, cara bicara, cara melihat sesuatu, bahkan habit baru juga akan terbentuk. Pernah dengar kalimat, 

"Jika seseorang ingin mengetahui dirinya sendiri, maka lihatlah dengan siapa ia berteman". 

   Kalimat itu jadi tamparan buat aku sampe sekarang, bahkan sebelum tidur aku suka minta ke Allah untuk terus dipertemukan dengan orang-orang yang positif. Karena, aku yakin lingkungan yang positif akan membawa dampak besar dalam kehidupan CMIWW...

    Nah, karena aku jadi suka ngobrol.. ada banyak kalimat pemicu yang perlu aku saring untuk memulai obrolan itu. Contoh, "hai, kamu udah kerja ya?", "Gimana udah dapet calon?", "Gimana skripsinya?". Bagi aku pertanyaan itu hanya sebatas pertanyaan untuk memulai topik obrolan, tapi ada sebagian orang yang sensitif dengan pertanyaan tersebut, ntah karena mereka keseringan ditanya atau makin bingung mau jawab apa karena udah jadi beban yang melekat. 

    Aku pribadi suka kok ditanya dengan kalimat itu kalo emang udah bingung mau cari topik apalagi buat ngobrol, toh siapa tau yang nanya mau nawarin kerjaan atau mau kasih solusi kan hehe.. tapi jadi menjijikkan ketika kalimat itu diisi dengan "judge" seperti,"ih kenapa belum kerja-kerja sih? liat temen2 yg lain udh kerja semua loh, emg ga betah nganggur terus?" (dikira cari kerja ga butuh persiapan fisik dan mental apa yaa WKWK), "lah belum nikah-nikah knp sih? pst pilih2 ya?" (yaa justru harus milih biar satu visi-_-)

    Nah, ternyata dikehidupan pasca kampus aku skg, ada beberapa orang yang terus men-dikte aku untuk "bersegera" punya pekerjaan, ntah dengan alasan apapun aku ga nyaman dengan tuntutan itu. asliii toxic banget! aku jadi ngerasa dikendalikan, padahal kita yg punya kendali atas diri sendiri. Kadang, sebelum ngobrol jauh lebih penting mengenali karakteristik kawan yg kita ajak ngobrol daripada ceplas-ceplos yekaaan??? ketika kita liat dia masih santai dan menikmati hidup pasca kampus, kita harus paham ada orang-orang yang perlu istirahat setelah berkutat dengan keriwehan skripsinya. Kalo emang kita peduli, lebih baik beri saran ketika beliau minta atau kasih tips & trik gimana caranya apply kerjaan, yaa sesuaian aja sama topik yang mau dibahas. Dan hal yang paling simpel adalah DIEM! diem pas ga ditanya,

(tulisan ini aku lanjutin di 2023 gaes yaa)

Gaess, aku baru abis kontrak kerjaaa... aku nyesel kenapa ga rajin nulis di blog tentang rutinitas dan pencapaian aku selama 2022 kmrn. Tp gpp, aku lanjut lagi skg. enjoy yaa!! ^_^

Start Maret 2022 kmrn aku udh mulai mikirin apa rencana aku kedepan. Aku coba journaling apa aja yang aku mau, ngalir.. hal-hal yang terlintas dipikiran aku lgsg tulis, termasuk ranah pekerjaan. Aku dilanda bingung 45% aku yakin akan kerja di tahun ini, sisanya aku ragu karena fresh graduate yg belum ada pengalaman kerja selain freelance, beberapa perusahaan BUMN yang aku lamar banyak gagal juga. Tapi aku bener-bener butuh duit-_-

April 2022, aku terus ngadu ke Allah gimana kedepannya, aku juga masih stuck sm kejadian desember 2021 kmrn, yanbener-bener bikin down, bikin aku nangis setiap malem, sakit kalo diinget. Akhirnya aku dititik berserah ke Allah, terserah Allah gimana kedepannya. 

Mei 2022, Qadarullah Allah kasih jalan aku ditawarin kerja di Medco Energi bagian Seismik. Tapi, masih ragu karena belum siap kerja di tempat jauh, apalgi kmrn basecampnya di Muara Enim WKWKW dari dulu ga pernah mau stay disana gatau knp ngerasa ga rame aja ternyata diluar ekspetasi dan Allah selalu ngasih aku hal-hal yang ga pernah aku pngen dr dulu tp ternyata malah itu yang terbaik. Allah baik bgt makasih YaAllah. 

sebenernya panjang bgt kalo diceritain, mgkn bakal ada part khusus buat bahas "kerja pertamaku"

akhirnya Juli aku interview ke Muara Enim, ortu sempet ragu pas liat basecampnya ternyata banyak cowokk takut diapa-apain katanya. Setelah interview aku disuruh nunggu sekitar 3 mingguan buat dapet kepastian (lama jg sih wkwk) tp aku ga mempermasalahkan itu, karena disatu sisi aku ragu antara males ketemu orang baru tp disisi lain aku butuh bgt duit, butuh yang butuh bgt! 

akhirnya aku udah mulai lupa sm tempat kerja itu, ga diterima gapapa, aku mikirnya gitu. Tp ada satu hari dimana aku ribut sm ortuku, yang bikin aku nangis kejer dan sesek. Besoknya aku ke rumah temen dan tbtb bilang "YaAllah, aku pngen ngekos aja di tmpt lain, udah ga kuat di sini" ehh tbtb pas Maghrib lgsg ditelpon sm phak kantor buat lgsg ke basecampe karena besoknya udh bisa mulai kerja. Alhamdulillah bgt! aku ngerasa Allah dnger banget keluhan dan capeknya aku huhuuu mksh YaAllah

Agusrus 2022 aku udah mulai kerja, enak bgt. mess udah dapet, makan tinggal makan, semua udh disediain jd tinggal bawa badan aja. Nikmat bgt. aku kontrak sampe pertengahan januari 2023 dan aku dapet banyak pelajaran di tempat kerja pertama aku, dan aku bersyukur sm hal itu. 

Hari ini, dan seterusnya aku mulai menata diri, berikhtiar untuk hal-hal yang terjadi kedepannya, untuk hasil terserah bagaimana Allah. Aku percaya Allah ga akan pernah menelantarkan aku, aku percaya Allah udah kasih skenario terbaiknya utk aku. Aku bersyukur utk segala sesuatu yang terjadi dalam hidupku, dan semoga Allah ridho atas apa yang aku lakukan. 

terakhir, jangan lupa utk terus berharap sm Allah ya gaess yakin saja kalo Allah sebaik-baiknya pembuat skenario ^-^



Komentar

  1. Good👍 tentunya tidak ada yang sia sia selagi kita ikhlas apapun yang kita jalani saat ini akan terasa lebih barokahnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SAYA PERNAH LOH, MENGENAL KAMU :)

Sebagai seorang maba, diriku cukup lugu untuk mengenal banyak hal. Pasalnya, banyak orang baru disini. Hehe.. teman-temanku sudah jauh, memilih pada jalan yang berbeda! Pernah ingin punya mimpi berjalan bersama, namun pada akhirnya takdir bersua membuat kami berpisah. Tapi bagiku, itu bukan persoalan yang besar untuk dipermasalahkan. Disini, aku punya teman baru, suasana baru, dan kamu :)  Waktu itu, kita pernah bertemu di rumah makan ayam bakar di kota hangat ini. Kamu, pasti tidak ingat? Ya, itu pasti. Jangan beralaskan bahwa ingatan wanita lebih tajam dari pria hehe.. Kamu, dengan alis tebal yang terbentuk rapi, dan aku dengan rambut ikalku. Kita pernah berkenalan lewat tatap. Sebuah senyum terlontar satu sama lain yang hingga hari ini masih terus mengambang. Satu kali pertemuan kita sama dengan berjuta tahun bersama, HAHA agak lebay memang. Tapi, begitulah sosok ini ketika mengingat satu hal.  Untungnya aku tetap mengingatmu hingga hari ini, sebagai sosok pria yang pertama kal

Random Tengah Malem ckckck...

Kalo malem gini suka kebiasaan belum tidur, ngidam pengen ngenet ckck. Akhirnya gue memutuskan untuk ngeblog sambil dengerin bunyi kipas tua yang kata nenek gue adalah kado ulang tahun pernikahan ayah sama bunda.  Sebenernya gue cuma mau cerita tentang hal yang terjadi pada diri gue, permasalahan tentang saling maaf-memaafkan. Gue adalah orang yang paling sebel sama kelakuan orang ntah itu yang terdekat sampe yang belum terlalu gue kenal. Misalnya, ketika di kamar, siapapun itu orangnya, gak buang sampah sehabis dia makan ke kotak sampah yang jelas-jelas udah gue sediain di kamar gue, mau ngomong "buangnya langsung ke kotak sampah yah!" takut dia tersinggung. Jelas-jelas gue gak terlalu paham dengan detail sifat temen-temen gue, ntah dia tersinggung atau ngatain sok dan bersikap pura-pura gak tau. Atau, sifat temen gue yang sukanya nyindir dan nyinyir tingkah orang lain tapi gak sadar sama tingkah laku dia sendiri, yang ini seolah-olah dia itu takut untuk n